Rabu, 21 Maret 2012

SKRIPSI PEMBACAAN SIDIK JARI DENGAN METODE FILTER GABOR MENGGUNAKAN ALAT URU 4500


APLIKASI PEMBACAAN SIDIK JARI DENGAN METODE FILTER GABOR MENGGUNAKAN ALAT URU 4500

Yosi Karisma Putra,
Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Narotama Surabaya

ABSTRAK

Algoritma filter gabor merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk pengenalan pola sidik jari, tahap-tahap pengenalan pola menggunakan algoritma filter gabor terdiri dari proses pengambilan citra, pra-pemrosesan (penentuan core point, menentukan region of interest, sektorisasi, normalisasi, filterisasi), ekstraksi fitur, penyimpanan kedalam referensi fingercode dan diberi label sesuai dengan pola yang sudah diketahui secara manual untuk menjadi referensi dari fingercode input yang akan dicari nama polanya.Penentuan nama pola dibuat berdasarkan kedekatan jarak dengan referensi fingercode yang sebelumnya telah dibuat terlebih dahulu dalam sistem ini.Pengujian sistem ini dengan mengunakan 5 referensi jari tangan dan jumlah uji coba keseluruhan  sebanyak 500 sidik jari, tingkat kesuksesan 97%. Seluruh pola sidik jari yang telah diketahui melalui sistem pengenalan pola dianalisa berdasarkan nilai presentase keseluruhan, diketahui bahwa 5 pola sidik jari kanan memiliki kecenderungan nilai akademik yang berbeda.

Kata Kunci: filter Gabor, sidik jari, presentase, biometrik


1.1        Latar Belakang
Saat ini perkembangan teknologi biometrik di dunia sudah mulai kelihatan, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya berbagai produk elektronik yang telah menggunakan teknologi biometrik untuk melakukan proses-proses yang rumit, misalnya untuk membuka pintu cukup dengan menempelkan tangan pada sensor yang melekat di pintu tersebut, atau dapat juga digunakan untuk mengakses suatu sistem komputer yang memerlukan kerahasiaan cukup tinggi, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membuka komputer tersebut dengan cara memberikan perintah lewat suara yang dikenali oleh komputer tersebut.
Kemudian contoh yang lain ketika Anda memberikan tanda masuk ke kantor atau akses ke ruang komputer menggunakan pemindai sidik jari; mengambil uang dari mesin kas yang dapat memindai mata Anda untuk mengenali bahwa Anda-lah pemilik sah uang itu; mengidentifikasi diri Anda pada bank melalui telepon dengan 
memakai pengenal suara (voice recognition); dan check in untuk penerbangan hanya dengan melewati sebuah kamera di bandara yang mengenali Anda sebagai penumpang berlangganan. Di masa depan, teknologi biometrik akan mirip fenomena komputer yang kemudian menjadi bagian dari sebuah produk kebutuhan hidup sehari-hari. Semua proses kerja di kantor seperti aktivitas akuntansi, pembuatan laporan, penawaran penandatanganan kontrak, dan banyak hal lain disinyalir akan melibatkan teknologi biometrik.

1.    Bagaimana caranya Fingerprint reader untuk bisa membedakan Sidik Jari satu dengan yang lainnya?
2.    Bagaimana menghubungkan sistem komputer ke alat fingerprint reader?
3.    Bagaimana menerapkan metode filter gabor dalam pembacaan pengenalan sidik jari?

Maksud dan tujuan pembutan sistem ini adalah untuk menerapkan metode filter gabor dalam pengenalan pola sidik jari dengan menggunakan alat fingerprint reader U are U 4500.

   Dari rumusan masalah diatas maka batasan – batasan masalahnya yaitu:
1.                  Pengolahan citra hanya membahas tentang:
a.    Citra Grayscale, Biner, Warna dan Thresholding.
b.    Penerapan metode filter gabor.
2.             Pengambilan input citra sidik jari dengan fingerprint reader U are U 4500.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan penulisan Skripsi ini adalah sebagai berikut:
  1. Observasi
Mencari Tema masalah yang akan dibahas, Observasi ini di lakukan dengan studi lapangan
  1. Studi Kepustakaan dan Networking
Hal ini dilakukan dengan jalan membaca buku-buku,literature maupun makalah yang berhubungan dengan pembahasan makalah ini dan pencarian pada internet
  1. Identifikasi Permasalahan
Hal ini untuk mengetahui cara kerja Algoritma pengenalan pola yang ada pada saat ini.
  1. Studi Lapangan
Pencarian data-data mengenai komponen apa yang akan digunakan.
e.       Perancangan
Setelah mempelajari prinsip kerja dari sistem kerja yang akan digunakan,maka yang akan kita gunakan adalah Alat Scanner sidik jari U are U 4500 sebagai media untuk penerimaan Sidik Jari.
  1. Pengujian dan Analisa
Pengujian ini dilakukan secara bertahap mulai dari pengujian software Microsoft Visual Basic sampai dengan Test pembacaan Sidik Jari

Penulisan Proma ini dilakukan agar lebih mudah dalam penyempurnaan, pengembangan, serta pemakaian selanjutnya. Dalam pembuatan laporan proma ini kami susun dengan membaginya dalam setiap Bab dengan susunan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, dan metodologi penelitiandalam pengerjaan Proposal Proma ini.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang dasar-dasar teori yang digunakan sebagai landasan dalam pengerjaan yang akan dibahas untuk menyelesaikan Laporan Proma.

BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam Bab ini membahas tentang perancangan pembuatan Sistem Aplikasi sidik jari dengan Metode GABOR FILTER

BAB IV IMPLEMENTASI
Membahas tentang cara pemakaian Sistem Aplikasi sidik jari yang juga disertai dengan hasil implementasinya.

BAB V PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan saran dari pengerjaan skripsi ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar